Menyajikan berbagai artikel,tutorial dan tips terbaru

Amalan Amalan di Bulan Suci Ramadhan yang Baik Dilakukan

Amalan Amalan di Bulan Suci Ramadhan yang Baik Dilakukan. Tak terasa malam ini kita telah memasuki malam ke 8 bulan suci Ramadhan 1434 H 2013 M. Di bulan ini amalan ibadah kita akan dilipat gandakan maka inilah waktu yang sangat baik untuk memperbanyak amalan ibadah.

Berikut Amalan Amalan di Bulan Suci Ramadhan yang Baik Dilakukan :


  1. Sholat Wajib dilaksanakan sebaik-baiknya amalan yang satu ini memang amalan yang semua umat muslim yang sudah baligh dan memenuhi syarat harus melaksakannya karena ini hukumnya wajib (berdosa jika tidak dilaksanakan)
  2. Puasa amalan ini allah perintahkan berpuasa di bulan ramadhan sebagai salah satu rukun islam.

    Firman Allah :
    يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
    Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (QS. Al-Baqarah:183)
    Rasulullah  bersabda:
    بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةُ وَصَوْمِ رَمَضَانَ وَحَجِّ الْبَيْتِ الْحَرَامِ.
    "Islam didirikan di atas lima perkara, yaitu bersaksi bahwa tidak Ilah yang berhak disembah selain Allah I dan Muhammad r adalah rasul Allah , mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan pergi ke Baitul Haram." Muttafaqun �alaih.
    Puasa di bulan merupakan penghapus dosa-dosa yang terdahulu apabila dilaksanakan dengan ikhlas berdasarkan iman dan hanya mengharapkan pahala dari Allah I, sebagaimana Rasulullah bersabda:
    مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
    "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah , niscaya diampuni dosa-dosanya telah lalu." Muttafaqun �alaih.

    dengan berpuasa kita tidak hanya menahan rasa lapar dan haus, tetapi kita juga belajar merasakan saudara-saudara kita yang sedang kelaparan, dan juga kita belajar menahan emosi dan melatih rasa kesabaran kita.
  3. Membaca Al Quran hal ini biasanya dilakukan setiap saat oleh umat muslim, tetapi alangkah baiknya kita perbanyak membaca al quran di bulan suci ramadhan karena akan di lipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.
  4. Melaksanakan shalat tarawih inilah keistimewaan bulan suci ramadhan karena terdapat amalan yang hanya dilakukan pada bulan ini, yaitu shalat tarawih berjamaah. dari amalan ini pula kita dapat meraih rahmat dan hidayah dari-Nya 
  5. Itikaf di malam-malam lailatul qadar yaitu berdasarkan hadist nabi “Sesungguhnya malam Lailatul Qadr itu jatuh pada 10 hari akhir di bulan Ramadhan” itikaf adalah duduk berdiam diri di dalam mesjid untuk beribadah kepada allah SWT
  6. Memperbanyak sedekah. Sedekah memiliki banyak manfaat yaitu : Amalan yang utama (Rasulullah SAW telah bersabda:“Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Tangan diatas adalah yg memberi dan tangan di bawah adalah yang menerima”(HR. Muslim)), melindungi dari bencana, berlipat ganda pahalanya, menjadikan harta berkah dan terus berkembang.
  7. Melaksanakan ibadah umrah. salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan adalah melaksanakan ibadah umrah dan Rasulullah  menjelaskan bahwa nilai pahalanya sama dengan melaksanakan ibadah haji, seperti dalam hadits yang berbunyi:عُمْرَةٌ فِى رَمَضَانَ تَعْدِلُ حَجَّةً "Umrah di bulan Ramadhan sama dengan ibadah haji."
Sekianlah postingan Repost ini Yang berjudul Amalan Amalan di Bulan Suci Ramadhan yang Baik Dilakukan  semoga dapat bermanfaat dan dapat diamalkan. semoga melalui postingan ini kita dapat memulai salah satu amalan diatas yang belum dikerjakan. amin. assalamu alaikum warahmatullah wabarakatu.

pedoman :

https://www.facebook.com/notes/qolbun-salim/amalan-amalan-di-bulan-suci-ramadhan/170907336315370 

Amalan Amalan di Bulan Suci Ramadhan yang Baik Dilakukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment