Menyajikan berbagai artikel,tutorial dan tips terbaru

Cara Berbuka Puasa Yang Benar dan Sehat

Cara Berbuka Puasa Yang Benar dan Sehat. Pada saat berbuka puasa ada baiknya tidak melakukan balas dendam atau memakan makanan sebanyak mungkin, karena biasanya remaja setelah menunggu buka puasa selama berjam-jam, mereka juga telah merencanakan makanan-makanan apa saja yang akan di makan setelah berbuka, namun kenyataannya setelah berbuka mereka tidak dapat memakan semua makanan yang direncanakan. Cukuplah makan makanan secukupnya, seperti kata nabi "berhentilah sebelum kenyang".

Tips cara berbuka puasa yang benar dan sehat :


  1. Makanan/minuman manis Setelah membaca doa berbuka puasa dianjurkan memakan terlebih dahulu makanan/minuman yang manis-manis seperti : sirup,kurma,manisan dsb, karena bermanfaat untuk meningkatkan energi/tenaga dan mencegah asam lambung sehingga tubuh kita bertenaga kembali dan bisa melaksanakan ibadah-ibadah lainnya. Meskipun di anjurkan, tetapi tidak boleh terlalu banyak makannya nanti tidak ada tempat lain untuk makanan lainnya.
  2. Istirahat Sejenak setelah makanan pembuka seperti diatas ada baiknya kita mengistirahatkan tubuh terlebih dahulu untuk memberikan waktu pada perut untuk menyesuaikan diri. Yah bisa dilanjutkan dengan sholat magrib dan membaca al quran. Nah setelah beberapa waktu barulah dilanjutkan dengan makan nasi.
  3. Jangan terlalu banyak makan ini yang paling di tekankan, karena terlalu banyak makan akan membuat banyak masalah seperti karena kekenyangan sakit perut, tidak pergi tarawih, dan bahkan ketiduran.
  4. jangan langsung minum air es pada saat berbuka puasa yang diminum pertama kali air es, dapat menyebabkan perut kembung, karena air es dapat meningkatkan asam lambung, disarankan untuk mengkonsumsi air hangat saja.
  5. jangan tidur larut malam setelah berbuka puasa dan melaksanakan ibadah-ibadah sebaiknya istirahatkan tubuh sedini mungkin guna memulihkan tubuh yang seharian kehilangan energi/tenaga. Dan juga dapat membuat pikiran sehat pada saat bangun makan sahur. karena berdasarkan pengalaman saya pada saat kita tidur larut malam, kepala kita akan sakit ketika nantinya bangun untuk makan sahur, dan juga kita akan sulit dibangunkan oleh keluarga.
Nah itulah tips sederhana mengenai Cara Berbuka Puasa Yang Benar dan Sehat semoga dapat bermanfaat bagi kita semua termasuk admin, sehingga kita dapat melaksanakan ibadah-ibadah di bulan suci penuh berkah Ramadhan 1434 H 2013 Masehi. Terima kasih.



Cara Berbuka Puasa Yang Benar dan Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment